Kamis, 12 Juni 2014

nahwu maushul



















MAKALAH NAHWU
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Nahwu
“ISIM-ISIM MAUSHUL”
Dosen pengampu:
Tamim Mulloh, M. Pd



Oleh:
Khothibatul Ummah               (13310115)
Amalia Syarifah                      (13310117)

JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB
FAKULTAS HUMANIORA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
2014


KATA PENGANTAR
Alhamdulillahirobbil a’lamin adalah kata yang paling pertama kami ucapkan karena dengan-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini dan karena-Nya lah kami masih diberi kesehatan dan kemampuan untuk  semua ini.
Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada ustadz Tamim Mullah sebagaidosen pengampu mata kuliah nahwu dan yang telah mengajarkan ilmunya kepada kami.
Ucapan maaf juga kami sampaikan kepada semuanya pembaca apabila dalam makalah ini terdapat kesalahan ataupun kekurangan dalam keterangan ataupun penjelasan, karena kami masih dalam tahapbelajar dana kami juga mengahrapakan saran dari teman-teman dan juga pembaca semuanya.
 Damikian dari kami semoga bermanfaat bagi semuanya di sunia dan si akhirat. Amin-amin-amin.


Malang, 10 Juni 2014



Penulis




DAFTAR ISI
COVER____________________________________________________   1         
KATA PENGANTAR________________________________________     2         
DAFATAR ISI____________________________________________        3
PENDAHULUAN____________________________________________   4         
1.1.Latar Belakang______________________________________                4         
1.2. Rumusan Masalah___________________________________                4         
1.3.Tujuan_____________________________________________              4         
PEMBAHASAN_____________________________________________   5         
2.1. Pengertian isim maushul______________________________                  5
2.2. Pembagian isim maushul_____________________________                   5
PENUTUP________________________________________________    11       
3.1. Kesimpulan________________________________________              11       
DAFTAR PUSTAKA_________________________________________ 12       







BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Nahwu merupakan ayah dari bahasa arab, karena nahwu adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membaca tulisan arab serta kedudukannya. Didalam ilmu nahwu terdapat banyak pembahasan yang antara lain yaitu isim-isim maushul. Isim maushul dalam nahwu seperti halnya kata sambung dalam bahasa Indonesia atau conjunction dalam bahasa inggris yang berguna untuk menyambungkan kata sebelumnya dengan kata sesudahnya. Oleh karena itu kami akan membahas sedeikit tentang isim maushul dan semoga bermanfaat.
1.2.Rumusan Masalah
1.      Apa itu isim maushul?
2.      Ada berapakah pembagian isim maushul?
3.      Apakah syarat-syarat dari isim maushul?

1.3.Tujuan
1.      Mengetahui  isim maushul
2.      Mengetahuia pembagian isim maushul
3.      Mengetahui syarat-syarat dari isim maushul dalam suatu kalimat




BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Isim Maushul
Isim maushul adalah isim yang menunjukkan atas sesuatu yang sudah ditentukan dengan perantara jumlah yang disebutkan sesudahnya. Dan jumlah ini disebut dengan jumlah (shilah maushul).
    2.2.Pembagian Isim Maushul Beserta Syarat-Syaratnya
Isim maushul di bagi menjadi dua, yaitu:
1.      Isim maushul khas
2.      Isim maushul musytarak.

1.      ISIM MAUSHUL KHAS
Isim maushul khas adalah isim maushul yang khusus untuk mufrad, jama’, mudzakkar, muannast, sekiranya pengucapan, Yaitu:
No
Isim maushul
untuk
Contoh
1
الذي
Mufrad mudzakkar
الْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيِ أَنْزَلَ عَلَى عَبْدِهِ اْلكِتَابَ
2
الذان
Musanna mudzakkar (rafa’)
وَالَّلذَانِ يَأْتِيَنِهَا مِنْكُمْ
الذين
----------------------(nashab)
رَبّنَا أَرِنَا الّلَذَيْنِ أَضَلَّانّ
3
الذين
Jama’ mudzakkar
اَلّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِي السَّرّاءِ وَالضّرّاءِ
4
التي
Mufrad muannast
وَاتّقُوا النَّارَ الَّتِي أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِيْنَ
5

اللتان
Musanna muannast (rafa’)
جَاءَتْ الَّلتَانِ تنظفان البيت
اللتين
---------------------(nashab)
كافأت اللتين تفوقتا
6

اللاتي
Jama’ muannast

واللاتي تخافون نشوزهن
اللواتي

اللائي

10
الألى
Jama’ muthlaq
يفلح الألى يجتهدون, تفلح الألى تجتهدن
Diperbolehkan mentasydid nun musannanya الذي و التي, baik dalam kedaan rafa’ ataupun nasahab. Seperti membaca الذانّ, الذينّ.
Lafadh الألى kebanyakan digunakan pada jama’ mudzakar yang berakal, dan terkadang juga digunakan untuk jama’ mudzakar yang tidak berakal, seperti syair:
وتبلى الألى يستلئمون على الالى   تراهن يوم الراوع كالحدإالقبل
     Dan juga terkadang digunakan untuk jama’ muannast, seperti contoh sya’ir:
محاحبها حب الألى كن قبلها      وحلت مكانا لميكن حل من قبل
2.      ISIM MAUSHUL MUSYTARAK
Isim-isim maushul musytarak adalah isim maushul yang boleh digunakan untuk mufrad, tasniyah, jama’, muannast, mudzakkar, baik yang berakal ataupun yang tidak berakal. Isim-isim maushul musytarak ada lima, yaitu:
No
Isim maushul
untuk
Contoh
1
ما
berakal
مَا عِنْدَكُمْ ينفذ وَمَا عِنْدَ اللهِ بَاقٍ
2
من
tidak berakal
وَاللُه يُؤْتِيْ مُلْكَهُ مَنْ يَشَاء (البقرة:247)
3


ذا
Berakal dan tidak berakal
مَاذَا عِنْدَكَ (عاقل)
مَنْ ذَا عِنْدَكَ (غير عاقل)

4
أي
---------------------
يفْلَحُ أَيُّ مُجْتَهِدٌ, وَأَكْرَمْتُ أَيَّا هِيَ مُجْتَهِدَةٌ
5
ذو
----------------------
جَاءَ ذُوْ اجْتِهَدَ, وَذُوْ اجْتَهَدَتْ

من وما المووصولة
Lafadh من terkadang digunakan untuk hal yang tidak berakal dalam tiga hal, yaitu:
1.      Apabila  lafadh yang tidak berakal menempati hal yang berakal, seperti contoh:
وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّنْ يَدْعُوْا مِنْ دُوْنِ اللهِ مَنْ لَا يَسْتَجِيْبُ لَهُ إِلَى يَوْمِ اْلقِيَمَةِ (الأحقاف: 5)
2.      Apabila lafadh yang berakal dan yang tidak berakal menjadi satu dan dalam stu hokum, seperti contoh:
أَفَمَنْ يَخْلُقُ كَمَنْ لَا يَخْلُقُ( النحل: 17)
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللهَ يَسْجُدُ لَهُ مَنْ فِي السَّماوَاتِ وَمَنْ فِي اْلأَرْضِ ( الحج: 18)
3.      Apabila lafadh yang berakal dan lafadh yang tidak berakal yang umumnya dipisah dengan lafadh min seperti lafadh:
وَاللهُ خَلَقَ كُلَّ دَابّةٍ مِنْ مَاءٍ فَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِى عَلَى بَطْنِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِى عَلَى رِجْلَيْنِ وَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِى عَلَى أَرْبَعٍ( النور:45)
Dan terkadang lafadh ما digunakan untuk lafadh yang berakal, seperti contoh:
فَانْكِحُوْا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ الِّنسَاءِ (النساء:3)
Dan lafadh ما  juga banyak digunakan untuk lafadh yang berakal, jika lafadh yang tidak berakal dan lafadh yang berakal bersamaan dan dalam satu hukum, seperti contoh:
يُسَبِّحُ لِلّهِ مَا فِي السَّماَوَاتِ وَمَا فِي اْلأَرْضِ ( الجمعة: 1)
ذا الموصولة
ذا menjadi isim maushul harus memenuhi tiga syarat, yaitu:
1.      Di dahului dengan ما dan  منmaushulah , contoh:
مَنْ ذَا عِنْدَكَ, مَاذَا عِنْدَكَ
2.      Lafadh ذا  tidak dimaksudkan untuk isyarah
مَنْ ذَا اْلقاَئِمُ لا يرد بإشارة، فإن أريد بها الإشارة فهي اسم الإشارة أى مَنْ هَذَ اْلقَائِمُ
3.      Dan tidak menjadikan lafadz ما dan من dalam satu kalimat.
لمِاَذَا أَتَيْتَ ، لما وذا لا يراد بكلمة واحدة، فإن اريد بكلمة واحدة فهي الإستفهام أَىْ لِمَ أَتَيْتَ؟
أي الموصولة
أي الموصولة digunakan untuk mufrad, tasniyah, jama’, mudzakar, muannast, berakal, danjuga tidak berakal.
أي الموصولة mempunyai 4 keadaan, yaitu:
1.      أي dimudlofkan dan juga disebutkan shodar shilahnya, keadaan seperti ini dii’rabi sesuai dengan kedudukannya, contoh:
يُعْجِبُنِيْ أَيُّهُمْ مْ قَائِمٌ، وَرَأَيْتُ أَيَّهُمْ هُوَ قَائِمٌ، وَمَرَرْتُ بِأَيِّهِمْ هُوَ قَائِمٌ
2.      أي tidak dimudlofkan dan juga tidak disebutkan shodar shilahnya, keadaan seperti ini dii’rabi sesuai dengan kedudukannya, contoh:
يُعْجِبُنِيْ أَيُّ قَائِمٌ ، رَأَيْتُ أَيَّا قَائِمٌ، وَمَرَرْتُ بِأَيِّ قَائِمٌ
3.      أي tidak dimudlofkan dan disebutkan shodar shilahnya, keadaan seperti ini dii’rabi sesuai dengan kedudukannya, contoh:
يُعْجِبُنِيْ أَيٌّ هُوَ قَائِمٌ، وَرَأَيْتُ أَيًّا هُوَ قَائِمٌ، وَمَرَرْتُ بِأَيِّ هُوَقَائِمٌ
4.      أي dimudlofkan dan dibuang shodar shilahnya, keadaan seperti ini dimabnikan dlummah dalam keadaan apapun, contoh:
يُعْجِبُنِيْ أَيُّهُمْ قَائِمٌ، رَأَيْتُ أَيُّهُمْ قَائِمٌ، وَمَرَرْتُ بِأَيُّهُمْ قَائِمٌ
ذو الموصولة
ذوالموصولة          juga digunakan untuk lafadz-lafadz yang mufrad, tasniyah, jama’, mudzakkar dan juga muannast, baik yang berakal maupun tidak berakal. ذو ini disebut juga dengan ذو طائية  lughot arab, seperti contoh:
جَاءَ ذُوْ اجْتَهَدَ، وَذُواجْتَهَدَتْ، وَذُو اجْتَهَدَا، وَذُواجْتَهَدُوْا، وَذُواجْتَهَدْنَ.

صلة الموصول
dalam penggunaan isim maushul dibutuhkan Shilah dan A’id.
Shilah adalah jumlah yang menyempurnakan makna yang terletak setelah isim maushul, jumlah ini disebut dengan shilah maushul, contoh:
جَاءَ اَّلذِيْ أَكْرَمْتُهُ, جَاءَ الرَّجُلَانِ اَلَّذَانِ قَائِمَانِ
A’id adalah dlomir yang kembali pada isim maushul yang mencakup jumlah ini, contoh:
قَامَتْ الَّتِيْ أَكْرَمْتُهَا, تَعَلَّمْ مَا يَنْفَعُكَ
Syarat dari shilah dan a’id pada isim maushul khas adalah a’id atau dlomir itu harus sesuai dengan isim maushulnya, contoh:
أَكْرَمَ اّلَذِيْ قَامَ، أَكْرَمَ اّلَتِيْ قَامَتْ، أَكْرَمَ اَّلذَانِ/ اّلَلتَانِ قَامَتَا, أَكْرَمَ اَّلذِيْنَ قَامُوْا، أَكْرَمَ اّلَلاتِيْ قُمْنَ.
adapun Shilah dan A’id isim maushul musytarak itu adad dua wajah atau dua bacaan, yaitu:
1)      Menjaga makna, contoh:
كَرِّمْ مَنْ هَذَّبَكَ للجميع
2)      Menjaga lafadz, contoh:
كَرِّمْ مَنْ هَذَّبَكَ، كَرِّمْ مَنْ هَذَّبَاكَ، كَرِّمْ مَنْ هَذَّ بَتَاكَ، كَرِّمْ مَنْ هَذَّبُوْكِ، كَرِّمْ مَنْ هَذَّبَنَكَ.
Mahal atau kedudukan isim maushul dalam i’rob itu tergantung pada kedudukannya, yaitu:
1.      Terkadang mahalnya mahal rafa’, dalam hal ini isim maushul bisa menjadi salah satu isim yang dibaca rafa’ (fa’il, naibul fa’il, mubtada’, khobar, isim kana, khobar inna, dan tabi’ lil marfu’) :                                  قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى
2.      Terkadang mahalnya mahal nasahab, contoh:  أَحْبِبْ مَنْ يُحِبُّ اْلخَيْرَ
3.      Terkadang mahalnya mahal jer, contoh: جِدْ بِمَا تَجِدْ
Disyaratkan pada shilahnya maushul itu berupa jumlah khobariyyah yang mencakup pada dlomir bariz ataupun dlomir mustatir yang kembali pada maushul atau a’id. jumlah khobariyyah adalah lafadh yang belum tentu kebenaran atau kesalahannya. Contoh dlomir bariz:             لَا تُعَاشِرَ اَّلذِيْنَ يُحَسِّنُوْنَ لَكَ اْلمُنْكَرَ                                                       
Contoh dlomir mustatir:صَاحِبْ مَنْ يَدُلُّكَ عَلَى اْلخَيْرِ                             
فوائد ثلاث
1.      Shilah maushul wajib terletak setelah isim maushul, dan tidak boleh ada yang mendahuluinya, begit juga mandahulukan sesuatu untuk , seperti contoh:
اْليَوْمَ اَّلذِيْنَ اجْتَهَدُوْا يُكْرَمُوْنَ غَدًا، بَلْ يُقَالُ اَلَّذِيْنَ اجْتَهَدُوْااْليَوْمَ
2.      Shilah maushul berupa dlorof atau jar majrur seperti contoh:
أَكْرِمْ مَنْ عِنْدَهُ أَدِبٌ، وَأَحْسِنْ إِلَى مَنْ فِي دَارِ اْلعِجْزَةِ.
3.      Diperbolehkan membuang dlomir atau a’id yang kembali pada isim maushul, yang apabila tidak dibuang menyebabkan iltibas atau sama dengan lafadz lain, contoh:
فَاقْضِ مَا أَنْتَ قَاضٍ أي قَاضِيْهِ، مَاأَنَا اَّلذِيْ قَائِلٌ لَكَ سَوَا ءٌ أي بِاَّلذِيْ هُوَ قَائِلٌ

BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Isim maushul adalah isim yang menunujukkan atas sesuatu yang sudah ditentukan dengan perantaraan jumlah yang disebutkan sesudahnya. Dalam bahasa Indonesia bisa juga disebut dengan kata sambung atau dalam bahasa inggris disebut juga dengan conjunction.
Isim maushul dibagi menjadi dua, yaitu isim maushul khas dan isim maushul musytarak.
Isim maushul khas adalah isim maushul yang khusus untuk satu lafadz saja seperti:
الذي, الذان, الذين, الذِيْنَ, التي, اللتان,اللتين, اللاتي, اللواتي, اللائي, والألى
Isim maushul musytarak adalah isim-isim maushul yang dapat digunakan untuk semua lafadz, yakni boleh mufrad, tasniyah, jama’, mudzakkar, muannast, baik yang berakal ataupun yang tidak berakal, seperti  lafadaz:من, ما, ذا, ذو, أي,
            Isim maushul membutuhkan shilah dan a’id.
Shilah adalah jumlah yang jatuh setelah isim maushul.
A’id adalah dlomir yang kembali pada isim maushul.


DAFTAR PUSTAKA
1.      Al-Ghalayyin, Mustofa. 1886. Jami’ud durus juz 1. Hal 98-106.
2.      Ibnu Aqil syarah Alfiyyah bab ismil maushul.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar